Pohon Kamboja Kuning

Pohon Kamboja Kuning

Pohon Kamboja Kuning – Kamboja ( ataupun  biasa nya di sebut plumeria) yang ditemukan oleh seseorang ilmuwan Perancis. Walaupun dalam Bahasa Indonesia diucap Kamboja, tumbuhan ini tidak terdapat sangkut pautnya dengan negeri bernama seragam di Asia Tenggara.

jual pohon kamboja

Bunga kamboja mempunyai mahkota bercorak putih, dengan bagian tengah bercorak kuning. Tidak hanya tipe ini, terdapat pula kamboja yang mahkota bunganya bercorak merah keunguan. Besar tumbuhan kamboja dapat menggapai 6 m, dengan daun hijau tua yang tebal serta lonjong. Tumbuhan yang berbunga di nyaris sejauh tahun ini umumnya dibiakkan dengan metode stek batang.

Ada banyak sekali jenis-jenis pohon kamboja yang bisa kita jumpai di Indonesia, namun yang paling banyak diminati adalah kamboja kuning cendana. Tanaman kamboja kuning cendana termasuk kamboja yang rajin berbunga dan mempunyai bau yang sangat harum dan santar

Ciri-ciri Pohon Kamboja Kuning Cendana

Tanaman kamboja ini tumbuh tinggi dengan ketinggian yang bisa mencapai 3 sampai 5 meter. Memiliki daun yang lebar dan rimbun jika belum berbunga.

Pohon kamboja ini bisa tumbuh subur di tanah yang agak kering dan terkena cahaya matahari langsung.Apabila sudah mencapi umur tertentu, kamboja kuning cendana akan rajin berbunga.

Memiliki kelopak bunga yang memanjang dan lebar. Jika dibandingkan dengan kamboja putih yang sering kita lihat di sekitar pemakaman. Pohon kamboja ini memang kalah eksotis.

Pada umumnya, pohon kamboja kuning cendana ini hanya tumbuh meninggi dan membentuk dahan-dahan yang biasa, batangnya pun tidak halus seperti pohon kamboja putih yang mempunyai batang yang lebih eksotis.

Fakta Unik Pohon Kamboja Kuning Cendana

Ada beberapa fakta unik yang masih banyak belum diketahui oleh kebanyakan orang tentang bunga kamboja yaitu :

Di Jepang, Taiwan, dan China tanaman kamboja sudah banyak diolah menjadi teh seduh, minyak wangi, dan obat nyamuk.

Bunga kamboja kuning sebenarnya termasuk jenis bunga yang bisa dimakan sama halnya seperi bunga turi dan juga bunga pepaya.

Bunga kamboja kuning cendana yang sudah dikeringkan akan memiliki banyak manfaat, yaitu mengobati radang gusi atau tenggorokan, mengatasi bibir pecah-pecah, dapat menurunkan suhu tubuh, dan penambah nafsu makan.

Anda membutuhkan pohon kamboja? Hubungi langsung jual pohon kamboja kuning di bawah

Tanaman kamboja pertama kali ditemukan oleh seorang Botani yang berasal dari Prancis yang Bernama Charles Plumier pada abad ke 16.

Di Indonesia sendiri, tanaman kamboja memiliki banyak sebutan : Bunga Semboja (Jawa), Bunga Lomilate (Gorontalo), Bunga Samoja (Sunda), Bunga Jebun (Bali), Bunga Kolosusu (Minahasa), Bunga Pandam (Minangkabau), Bunga Cempaka (Madura), Bunga Capaka Kubu (Tidore).

Cara Menanam Bunga Kamboja

Sampai di sini Anda mungkin mulai tertarik untuk menanam plumeria. Untuk penanaman sendiri memang bunga ini cukup mudah, terutama juga ia cocok untuk ditanam di daerah tropis, sehingga dapat tumbuh tanpa perlu perawatan yang intensif.

Namun sebelum membeli bibit pohon ini, ada baiknya anda harus mengetahui dahulu jenis daun dari pohon tersebut. Ini supaya semakin memudahkan anda dalam membudidayakan bunga kamboja.

Untuk permulaan, pastikan dulu pohon kamboja yang Anda pilih memiliki root ball yang dibungkus container semacam karung atau polibag  yang aman dan nyaman untuk melindungi akarnya.

Secara garis besar, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk membudidayakan plumeria: melalui biji dan melalui stek batang.

Pohon Kamboja Bali Kuning – Bunga Kamboja ataupun yang kerap diucap Jepun oleh sebagian orang bali ialah tumbuhan Bunga yang hampir terdapat di tiap- tiap rumah. Apabila kita jalan- jalan di pulau bali kecuali aura keagamaan yang sangat kental, bangunan candi serta arca dimana- mana, kita pula menjumpai banyak tumbuhan kamboja. Keelokan corak bunganya serta wujud batangnya ini seolah bagikan keelokan pulau Bali.

• kamboja bali, jepun bali

Bunga yang tiba dari Negeri Amerika ini kerap pula diucap dengan Plumeria, Nama ini diambil dari seseorang pakar Botani asal Perancis ialah Charles Plumier. Bunga dengan paduan corak yang Indah ini memperkenalkan Wangi yang sangat buat aman paling utama jenis Jepun Cenana( corak kuning) serta Jepun Sudhamala( kelopak merah dengan tengah kuning). Sebab keelokan serta Wangi bunga kamboja bali ini, sebagian orang yang mau menanam di taman rumah bagaikan hiasan.

Realitasnya untuk perkembangbiakannya tumbuhan kamboja sedikit susah, kamboja bali bisa berkembang dengan gampang serta tahan pada keadaan cuaca panas. Buat membudidayakan bunga kamboja bali( kamboja kuning) bisa ditangani dengan dua langkah, ialah: Lewat Biji, serta Lewat batang. Buat menciptakan tumbuhan kamboja yang kilat berbunga, jadi hendaknya penanaman ditangani dengan batang.

Penanaman kamboja bali( jepun) dengan batang bisa ditangani dengan langkah bagaikan berikut:

• Tentukan Jenis Kamboja

Dalam tentukan jenis kamboja bali, terdapat 2 varian yang bisa jadi saja opsi ialah Jepun cenana serta Jepun Sudhamala. Ke- 2 Jenis Bunga Kamboja ini mempunyai keelokan semasing, serta wanginya yang bukanlah sangat mencolok.

• Buat Bibit Bunga Kamboja

Sehabis diputuskan buat tentukan salah satunya, langkah setelah itu ialah memotong cabang ataupun dahan kamboja, potong dahan denganukuran panjang 90- 150 centimeter lalu tanam batang yang dipotong tadi dalam polybag yang sudah di isi tanah beserta pupuk kandang. Berilah penyangga pada batang kamboja supaya tidak ambruk dikala ditanam di polybag.

Diamkan tumbuhan bibit kamboja ini di ruangan yang teduh dengan ditangani penyiraman waktu pagi serta sore hari hingga bibit kamboja berkembang tunas serta menghasilkan pangkal. Gantilah bibit apabila terdapat bibit kamboja yg tidak ingin berkembang.