Bibit Buah Naga Hitam Siap Tanam

Buah naga atau yang juga biasa dikenal dengan nama Pitaya,merupakan jenis tanaman buah tropis yang mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Pohon buah naga di dalam ilmu botani digolongkan masuk ke dalam marga Hylocereus dan Selenicereus. Kabarnya buah naga dengan warna cerah ini untuk pertama kalinya ditemukan berada di wilayah Meksiko, Amerika Tengah dan juga Selatan.

Bibit Buah Naga Hitam Siap Tanam

Namun,meski demikian untuk saat ini persebaran akan tumbuhnya buah naga ini telah mencakup ke berbagai negara lain yang ada di dunia termasuk juga di negara Indonesia. Buah naga sendiri juga sangat banyak digemari karena memiliki rasa yang khas dan tentunya menyegarkan. Saat ini, di berbagai belahan dunia telah mengenal setidaknya ada 4 varietas unggul dari buah naga ini,antara lain Hylocereus Undatus, yakni jenis buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging buahnya berwarna putih cerah.

Lalu yang Kedua, adalah jenis Hylocereus Polyrhizus yang mempunyai buah berwarna merah muda dengan daging buah merah tua. Lalu jenis yang Ketiga adalah Selenicereus Megalanthus dengan kulit buah berwarna kuning cerah sedangkan daging buahnya putih pucat. Yang terakhir adalah jenis Hylocereus Costaricensis, buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging buah merah pekat. Dan untuk varietas terakhir ini acap kali disebut dengan Black Dragon Fruit atau Buah Naga Hitam

Yang mana jenis ini sukses Dikembangkan Di Indonesia.

Kabarnya, buah naga hitam ini pertama kali dikembangkan di negara Indonesia,varietas tersebut juga masih tergolong pendatang baru dalam lingkar argobisnis khususnya bagian buah naga. Tokoh yang merintis kehadiran buah naga hitam ini bernama Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat. Yang mana untuk pertama kali dikembangkan di wilayah kabupaten kediri, namun saat ini boleh dikatakan buah naga hitam juga sudah dibudidayakan di hampir seluruh Indonesia.

Buah naga yang mempunyai daging buah berwarna hitam adalah hasil hibrida dari jenis buah naga super red yang dirawat dan juga dipelihara dengan menggunakan pupuk hitam atau yang juga dikenal dengan nama Black Natural. Komposisi yang terdapat pada pupuk ini antara lain kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok atau cengkok cengkeh, ampas jamu, dan juga sedikit campuran dari abu sekam. Hal ini mempunyai imbas ketika buah naga hitam ini matangm,yang akan mempunyai daging buah menjadi lebih hitam pekat.

Sejatinya buah naga yang mempunyai warna hitam ini menjadikan varietas unggul dari buah naga itu sendiri yang tentunya kaya akan Vitamin dan juga betakaroten yang sangat optimal untuk pertumbuhan kinerja otak.

Bibit Buah Naga Hitam Siap Tanam

Fungsi betakaroten sendiri yakni sebagai penangkal adanya serangan radikal bebas.

Kemampuannya ini sangat berfungsi untuk memproteksi sel dari mutan sangat luar biasa. Maka,dari itu dengan rutin mengkonsumsi buah naga hitam secara berkala maka akan membantu anda untuk menangkal dan mencegah terjadinya kanker dan juga tumor.

Selain itu, betakaroten yang ada pada buah naga hitam ini juga diketahui mampu secara optimal untuk memproteksi organ penting lain seperti jantung dan juga menjaga kestabilan darah sehingga potensi terkena serangan jantung bisa direduksi secara efektif.  

Berikut tahapan cara menanam buah naga hitam langsung dari biji:

  1. Siapkan buah naga hitam yang sudah matang, lalu kupas dan ambil dagingnya.
  2. Letakkan pada ember yang bersih bibit buah naga tersebut, kemudian remas – remas untuk memisahkan biji dari dagingnya. Buang airnya secara perlahan menggunakan saringan teh, lakukan terus sampai tidak ada lagi daging yang tersisa, jadi hanya biji saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya pembusukan pada biji.
  3. Siapkan gelas bening dan kapas atau bisa juga menggunakan bahan kapuk yang akan dijadikan media untuk penyemaian buah naga.
  4. Masukkan kapas atau kapuk ke dalam gelas bening dan basahi dengan sedikit air.

Nah,di dalam 100 gram biji tanaman buah naga hitam yang siap santap ada berbagai macam zat dan juga gizi yang terkandung, yaitu:

  • 228 gr kalori
  • 14 gr lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 24 mg natrium
  • 59 gr karbohidrat
  • 17 gr protein
  • 1,5 gr gula
  • 83 gr serat makanan
  • 19 % kalsium
  • 87% zat besi

·         Tahap perawatan dan pemeliharaan bibit pohon Buah Naga Hitam

Penyiraman, lakukan penyiraman bibit Buah Naga jika dibutuhkan karena tanaman Buah Naga sangat sensitif terhadap cuaca (terlalu panas atau terlalu dingin) jika cuaca sedang panas – panasnya lebih baik lakukan penyiraman air. Penyiraman tanaman Buah Naga tidak dilakukan sepanjang waktu cukup melihat kondisi yang diperlukan saja.

Penyulaman, lakukan pemantauan bibit pohon Buah Naga ini secara rutin. Segera sulam bibit Buah Naga yang mati, tumbuh tidak sempurna, dan terserang hama atau penyakit.

Penyiangan, rumput – rumput yang tumbuh secara sembarangan di sekitar bibit Buah Naga hitam ini,setidaknya harus segera dilakukan penyiangan,yang mana hal ini di fungsikan agar bibit Buah Naga hitam kedepannya tidak terganggu pertumbuhannya. Hindari juga dalam hal penggunaan pestisida pada bibit Buah Naga hitam,hal ini mencegah terjadinya kemungkinan akan mati karena kerusakan tanah dan keracunan.

Sebelum menggunakan buah naga yang dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kue, es krim, dan berbagai macam sajian favorit lainnya, cermati dulu beberapa manfaat Buah Naga hitam berikut ini:

1. Tinggi antioksidan

Bubuk Buah Naga adalah salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan secara alami. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk menangkal dan juga membasmi efek buruk dari adanya serangan radikal bebas, yang mana dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh seperti stroke,serangan jantung,dan diabetes.

.

Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Di dalam daging Buah Naga ini mempunyai berbagai macam kandungan flavonoid nya yang cukup tinggi, maka dari itu Buah Naga ini sangat dipercaya dapat memperkecil peluang Anda mengalami serangan jantung dan stroke sedini mungkin. Pasalnya, flavonoid yang ada di dalam buah naga ini akan berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang mana dengan begitu akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah akan meningkat dengan lancar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di British Cardiac Society yang mana setidaknya hamper dari 190.000 orang menemukan tentang sebuah fakta bahwa ketika terlalu banyak memakan buah naga nyatanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan gejala terkena stroke baik ringan maupun akut. Hal ini,karena tanaman Buah Naga diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara optimal.

One comment to Bibit Buah Naga Hitam Siap Tanam

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>